Recent in Fashion

Best Seller Books

Mengenal Ekosistem Gurun

Bang-Faster | Ekosistem merupakan suatu bentuk interaksi yang kompleks dan melibatkan beberapa komponen baik itu biotik maupun abiotik. Bumi ini dihuni beragam ekosistem, salah satu yang penting untuk dicermati adalah ekosistem gurun. Bioma gurun ini memiliki beberapa ciri-ciri utama yakni:
  1. Didominasi oleh bebatuan juga pepasir. Batunya berupa bebatuan karang dan pasirya membentuk bukit dan disebut Erg.
  2. Tumbuhan yang hidup di ekosistem yang satu ini sangat jarang. Kalaupun ada, tumbuhan tersebut merupakan jenis tumbuhan yang mampu bertanah meski minim air. Contohnya tanaman kaktus.
  3. Tingkat penguapan jauh lebih tinggi ketimbang jumlah curah hujan.
  4. Air tanah di gurun terasa sedikit asin.
  5. Banyak didiami hewan pengerat seperti gerbil, hamster dan masih banyak lagi lainnya.
  6. Jumlah hujan tahunan kurang dari 250 mm.
  7. Iklim di gurun cenderung ekstrim. Jika panas maka akan terasa sangat menyengat. Dan saat dingin akan sangat menggigit.
  8. Jika dihuni oleh manusia, biasanya nomaden atau berpindah-pindah tergantung titik air.
  9. Suhu sangat tinggi berkisar di 22 derajat Celsius sampai 32 derajat Celsius.
Flora Dan Fauna

Sebagai sebuah kesatuan, ekosistem gurun menjadi rumah bagi flora dan juga fauna. Dengan tingkat kelembaban yang sangat rendah maka hanya jenis-jenis tertentu yang mampu bertahan di tempat ini. Untuk flora, biasanya dari jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak air atau dikenal dengan istilah tumbuhan serofit. Salah satu flora yang menjadi signatur dari ekosistem gurun adalah kaktus. Ia merupakan tanaman yang memiliki akar yang sangat panjang sehingga ia bisa menemukan cadangan air di bagian tanah yang paling dalam sekalipun. Setelah itu, air yang ia dapatkan disimpan di dalam ruang batangnya. Oleh karena itu, jika kita amati, bagian batang si kaktus ini seperti berlendir.

Sementara itu, jenis fauna yang menjadi bagian dari ekosistem gurun adalah yang mampu menyimpan air dan juga tidak banyak membuthkan air. Salah satu fauna yang menjadi signatur di gurun adalah onta atau Unta. Hewan ini bisa bertahan di gurun sebab ia menyimpan cadangan air di bagian punuknya. Hewan ini banyak ditemukan di Negara Arab yang memang cenderung tandus.

Dimana Bisa Menemukan Gurun?
Gurun bisa diketemukan di banyak wilayah. Akana tetapi, jika berbicara soal statistik, ekosistem gurun ini seolah terpusat di bagian bumi 20 derajat lintang utara. Wilayah ini mulai dari Pantai Atlantik di Afrika sampai ke Asia bagian tengah. Di range area tersebut ditemukan banyak gurun antara lain Gurun Arab, Gurun Sahara, Gurun Gobi dan masih banyak lagi lainnya. Wilayah tersebut jarang dihuni oleh manusia. Meski demikian, gurun kini banyak dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan sejumlah fosil atau benda-benda yang diawetkan lainnya sebab kondisinya mendukung.

Subscribe Our Newsletter

avatar
"By speaking behind my back, it means that you respect my existence enough not to act in front of my face."

Related Posts

0 Comment

Posting Komentar

Bang Faster™ Terima Kasih atas Kunjungannya Jangan Lupa Komentarnya !

Article Top Ads

Parallax Ads

POST ADSENSE ADS
HERE
THAT HAVE BEEN PASSED

Article Center Ads

Article Bottom Ads